Pengertian Otomatisasi Perkantoran/Office Automation, tujuan, pengguna, apilikasi, dan keuntungan/kerugian


OFFICE AUTOMATION

1.    PENGERTIAN OFFICE AUTOMATION
Office Automation atau  Otomatisasi kantor  adalah penerapan teknologi  untuk pekerjaan  kantor,mencakup semua sistem elektronik formal dan informal ang terutama berkaitan dengan informal dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.
Office automation didefinisikan sebagai sistem informasi  berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menyimpan, dan mendistribusikan pesan, dokumen, dan komunikasi elektronik lainnya antar individu, kelompok kerja, dan organisasi.

2.    TUJUAN OTOMATISASI KANTOR

1.    Memindahkan pengeluaran biaya
2.    Meningkat efektivitas
3.    Meningkatkan komunikasi dan menghasilkan keputusan yang lebh baik dan cepat
4.    Menotomatisasi kantor

3.    PENGGUNAAN OTOMATISASI KANTOR
1.    Manajer
Yaitu orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya organisasi/kantor,tertama sumber daya manusia
2.    Profesional
Mereka tidak mengelola sumber daya melainkan  menyumbang keahlian khusus untuk membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi .
Contohnya adalah pembeli,wiraniaga,dan lain- lain.

3.    Sekretaris
Adalah pegawai terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas seperti korespondensi,menjawab telepon,dan mengatur jadwal pertemuan.
4.    Pegawai administrative atau clerical employes
Melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris seperti menyusun dokumen.


4.    APLIKASI OTOMATISASI KANTOR
1.    Word processing adalah penggunaan peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan beberapa tugas sekaligus yang diperlukan untuk membuat dokumen baik diketik dan kemudian mencetakdokumen tersebut.
2.  Email (surat elektronik) adalah pengiriman file hasil ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,menyimpan dan menerima pesan dengan mengunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
3.    Voice mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya dalam telephone.
Telephone juga digunakan untuk mengambil pesan yang telah dikirimkan.


5.    KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
            A.KEUNTUNGAN:
1.    Pengurangan biaya  fasilitas
2.    Pengurangan biaya peralatan
3.    Jaringan komunikasi

B. KERUGIAN
1. Semangat kerja yang rendah
2.Takut kehilangan pekerjaan
3.Rasa tidak memiliki








Comments

Popular posts from this blog

Contoh Itinerary ( Jadwal Perjalanan Dinas/Pimpinan dalam Bahasa Inggris)

Contoh Agenda pimpinan dan Perjalanan Dinas Pimpinan

ALAT-ALAT KEARSIPAN DAN CONTOH UKURANNYA