Pengertian Otomatisasi Perkantoran/Office Automation, tujuan, pengguna, apilikasi, dan keuntungan/kerugian
OFFICE
AUTOMATION
1.
PENGERTIAN
OFFICE AUTOMATION
Office
Automation atau Otomatisasi kantor adalah penerapan teknologi untuk pekerjaan kantor,mencakup semua sistem elektronik
formal dan informal ang terutama berkaitan dengan informal dari orang-orang
didalam maupun diluar perusahaan.
Office
automation didefinisikan sebagai sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan,
memproses, menyimpan, menyimpan, dan mendistribusikan pesan, dokumen, dan
komunikasi elektronik lainnya antar individu, kelompok kerja, dan organisasi.
2.
TUJUAN
OTOMATISASI KANTOR
1.
Memindahkan
pengeluaran biaya
2.
Meningkat
efektivitas
3.
Meningkatkan
komunikasi dan menghasilkan keputusan yang lebh baik dan cepat
4.
Menotomatisasi
kantor
3.
PENGGUNAAN
OTOMATISASI KANTOR
1.
Manajer
Yaitu orang-orang yang
bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya organisasi/kantor,tertama sumber
daya manusia
2.
Profesional
Mereka tidak mengelola sumber
daya melainkan menyumbang keahlian
khusus untuk membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi .
Contohnya adalah pembeli,wiraniaga,dan
lain- lain.
3.
Sekretaris
Adalah pegawai terdidik
tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas seperti korespondensi,menjawab
telepon,dan mengatur jadwal pertemuan.
4.
Pegawai
administrative atau clerical employes
Melaksanakan tugas-tugas untuk
sekretaris seperti menyusun dokumen.
4.
APLIKASI
OTOMATISASI KANTOR
1. Word processing adalah penggunaan
peralatan elektronik yang otomatis dapat melakukan beberapa tugas sekaligus
yang diperlukan untuk membuat dokumen baik diketik dan kemudian mencetakdokumen
tersebut.
2. Email (surat elektronik) adalah
pengiriman file hasil ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan
para pemakai mengirim,menyimpan dan menerima pesan dengan mengunakan terminal
komputer dan alat penyimpanan.
3. Voice mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim
dengan mengucapkannya dalam telephone.
Telephone juga digunakan untuk mengambil pesan yang telah
dikirimkan.
5.
KEUNTUNGAN
DAN KERUGIAN
A.KEUNTUNGAN:
1. Pengurangan biaya fasilitas
2. Pengurangan biaya peralatan
3. Jaringan komunikasi
B. KERUGIAN
1. Semangat kerja yang
rendah
2.Takut kehilangan
pekerjaan
3.Rasa tidak memiliki
Comments
Post a Comment